Sunday, September 24, 2017

Tradisi Pengobatan Herbal Cina

Cina terkenal dengan berbagai pengobatan herbal, dengan berbagai jenis herbal yang diracik ke dalam makanan, minuman atau secara khusus dalam racikan ramuan herbal. Di Indonesia racikan herbal yang cukup terkenal dicampur dengan makanan dinamakan sebagai ciapo atau ciakpo yang biasanya disajikan pada orang yang baru sembuh dari sakit, baru selesai melahirkan, baru selesai operasi atau baru mengalami kecelakaan.

Tentu anda tahu, bahwa jika anda membutuhkan catering ciapo atau catering ciakpo baik untuk proses pemulihan setelah sakit, atau sebagai confinement catering (catering ibu melahirkan) anda dapat melakukan pemesanan di DapurMedan.com sebagai salah satu penyedia catering makanan herbal Cina yang sudah dipercaya.

Ada beberapa hal yang mendasari tradisi dari pengobatan menggunakan herbal.

1. Prinsip keseimbangan

Secara prinsip, jantung pengobatan tradisional Cina berkaitan dengan dua prinsip yang berlawanan, yaitu yin dan yang. Kedua hal ini memang sangat lekat dengan keseimbangan, dan orang-orang Cina menyakini bahwa ketidakseimbangan adalah salah satu penyebab penyakit. Selain itu konsep "qi" juga menjadi pusat filsafat medis Cina. Para praktisi medis Cina percaya tubuh memiliki 12 qi atau energi saluran yang masing-masing dihubungkan dengan bagian dari anatomi. Ketika aliran qi seseorang menjadi tidak seimbang, maka ia bisa menjadi penyebab sakit secara fisik atau sakit secara emosional.

2. Diagnosis

Pengobatan tradisional Cina melakukan diagnosis dengan wawancara pasien serta melakukan pemeriksaan nadi dan lidah pasien. Hal-hal yang menjadi pertanyaan saat wawancara pasien tak hanya seputar gejala medis, tetapi tentang rincian yang dilakukan oleh pasien sehari-hari seperti pola tidur, mimpi dan juga makanan kesukaannya. Mengukur denyut nadi adalah alat diagnostik yang paling penting dalam pengobatan tradisional Cina. Pemeriksaan denyut nadi ini melibatkan enam denyutan di setiap pergelangan tangan. Praktisi medis juga akan memeriksa lidah pasien dengan keyakinan bahwa setiap bagian dari lidah berkaitan dengan bagian tubuh manusia.

Meskipun kini pengobatan Cina juga sudah berkembang, dengan menggunakan juga berbagai teknologi untuk pengecekan kondisi pasien, beberapa metode pemeriksaan ini masih digunakan juga baik oleh tenaga medis rumah sakit maupun ahli pengobatan Sin She.

3. Lima elemen

Pengobatan tradisional Cina mengenal lima elemen yang diyakini berkaitan dengan orang dan jaringan tubuh manusia, yaitu elemen kayu, api, tanah, logam dan air. Setiap elemen menghadirkan energi tertentu dengan karakteristik yang khas serta saling berhubungan dengan unsur-unsur lainnya. Adanya ketidakseimbangan diantaranya bisa menjadi penyebab penyakit.

Anda boleh percaya atau tidak tapi pengobatan dengan mengaitkan 5 unsur ini masih dipraktekkan oleh sebagian paramedis Cina terutama yang tradisional.

4. Akupuntur

Akupuntur adalah stimulasi bagian-bagian luar tertentu dari tubuh yang disebut dengan acupoint atau titik akupuntur. Qi seseorang atau energi vital bersirkulasi melalui tubuh dalam serangkaian saluran dan dapat diarahkan dengan merangsang tubuh bagian luar dengan jarum stainless steel yang sangat halus. Terdapat lebih dari 300 titik akupuntur yang diidentifikasi berkaitan dengan masalah kesehatan tertentu.

Tentu teknik pengobatan akupuntur ini anda tahu, sebuah teknik pengobatan tradisional Cina yang umum menggunakan berbagai jarum kecil sebagai media penyembuhan. Jarum ditusukkan pada berbagai titik yang merangsang proses penyembuhan.

5. Herbal

Praktisi pengobatan tradisional Cina menggunakan lebih dari 600 jenis tumbuhan untuk meracik ramuan untuk mengobati ketidakseimbangan energi dan penyakit. Tanaman seperti ginseng dan jahe merupakan bahan dasar dari berbagai pengobatan herbal. tetapi, beberapa ramuan tergantung pada mineral dan bagian-bagian hewan seperti kulit tiram atau tanduk rusa.

6. Qigong

Qigong adalah postur gerakan kuno yang dipraktikkan untuk membuat aliran qi atau energi vital lebih baik. Qigong medikal terdiri dari bagian internal dan eksternal. Qigong internal yang mengandalkan gerakan, pernapasan dan visualisasi dipraktekkan oleh pasien sendiri. Sedangkan qigong eksternal mirip dengan terapi sentuhan. Master qigong melakukan penyembuhan pada orang sakit melalui transfer qi.